Siloam Hospitals – Cara Menjaga Kehamilan Bagi Ibu Dengan Riwayat Keguguran

Siloam Hospitals - Dokter Kandungan

Siloam Hospitals – Ibu hamil yang pernah mengalami riwayat keguguran mungkin akan merasa lebih khawatir ketiga hamil kembali. Hal ini bisa disebabkan oleh ketakutan akan mengalami hal serupa kembali.

Namun, menurut dokter kandungan dari Rumah Sakit Siloam, Anda tidak perlu khawatir. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan guna menjalani kehamilan yang sehat setelah keguguran.

Penyebab pasti dari keguguran memang sering kali sulit ditentukan. Akan tetapi, ada beberapa faktor yang membuat ibu hamil lebih beresiko mengalami kegugran, seperti obesitas, gaya hidup yang tidak sehat serta adanya penyakit tertentu.

Idealnya, ibu yang pernah mengalami keguguran dianjurkan untuk memeriksakan diri ke dokter kandungan sebelum kembali memulai program kehamilan. Dengan begitu, dokter kandungan yang menangani Anda dapat mencari tahu penyebab keguguran tersebut.

Setelah itu, dokter dapat memberikan pengobatan yang perlu dilakukan agar kehamilan berikutnya berjalan dengan lebih aman. Meskipun keguguran umumnya hanya terjadi 1 kali, namun tidak menutup kemungkinan jika keguguran bisa terjadi pada kehamilan selanjutnya.

Dan guna mencegah hal tersebut, ada beberapa cara yang bisa dilakukan oleh ibu hamil guna menjaga kehamilannya agar tetap sehat walaupun sebelumnya pernah mengalami keguguran. Yakni :

  • Berbagi Cerita

Mudah cemas serta khawatir saat menjalani kehamilan dengan riwayat keguguran memang hal yang normal. Akan tetapi, jangan biarkan diri terlalu terlarut, karena bisa meningkatkan resiko bayi terlahir prematur.

Karenanya, dokter kandungan menyarankan Anda untuk berbagi cerita ke orang terdekat. Selain itu, Anda juga bisa mengurangi stress serta rasa khawatir dengan cara melkukan meditasi yang bermanfaat untuk membuat tidur lebih nyenyak.

  • Santap Makanan Bergizi

Untuk memenuhi kebutubuhan nutrisi selama kehamilan, maka disarankan untuk mengkonsumsi biji-bijian, buah dan sayur. Hindari makanan yang tidak boleh dikonsumsi selama kehamilan.

Selain itu, hindari asap rokok, jangan merokok serta mengkonsumsi alkohol. Batasi jumlah kafein, maksimal 2 gelas per hari atau tidak lebih dari 20 mg per harinya.

  • Rajin Olahraga

Sebagai ibu hamil, Anda mungkin merasa ragu untuk berolahraga karena takut mengalami cidera. Namun, sebenarnya olahraga ringan seperti yoga tetap bisa dilakukan oleh ibu hamil.

Yoga juga bermanfaat untuk membuat tubuh menjadi lebih bugar, mengurangi stres dan mengurangi resiko ibu hamil mengalami sakit kepala.

  • Konsumsi Vitamin Prenatal

Vitamin prenatal mengandung asam folat yang bisa menjadi pilihan tepat bagi ibu hamil untuk menjaga kehamilannya. Dimana secara umum, vitamin prenatal bermanfaat untuk menjaga kesehatan ibu hamil serta janin.

Sedangkan vitamin prenatal yang mengandung asam folat bermanfaat untuk perkembangan otak dan saraf bayi.

  • Jaga Berat Badan

Jika keguguran pada kehamilan sebelumnya disebabkan oleh kelebihan berat badan, maka di kehamilan selanjutnya ibu hamil harus bisa menjaga berat badan agar tetap dalam batas normal.

Anda juga bisa bertanya pada dokter kandungan mengenai bayas berat badan yang normal saat hamil.

  • Lakukan Pemeriksaan Rutin

Lakukanlah pemeriksaan kehamilan secara rutin, karena hal ini bermanfaat agar dokter kandungan bisa memantau perkembangan janin serta mencegah hal yang tidak diinginkan.

Intinya, jangan membiarkan ketakutan dan rasa cemas membayangi ibu hamil. Lakukanlan cara-cara menjaga kehamilan setelah keguguran yang dijelaskan oleh dokter kandungan dari Rumah Sakit Siloam dalam kesempatan kali ini.

Serta fokuslah untuk menjalani kehamilan dengan perasaan bahagia. Jangan ragu untuk berkonsultasi ke dokter kandungan jika memiliki pertanyaan seputar kehamilan.

Leave a comment