Siloam Hospitals – Mengetahui Lebih Jauh Tentang Kanker Usus

Siloam Hospital - Spesialis Kanker

Siloam Hospitals – Kanker usus merupakan tipe kanker saluran cerna yang paling sering terjadi. Namun, kanker kolorektal, yakni kanker usus besar dan rektum masih menjadi salah satu penyakit yang asing.

Kanker usus paling sering terjadi di area usus besar yang berbatasan dengan anus. Jenis kanker ini merupakan 3 besar penyakit yang menyebabkan kematian terbanyak, baik pada pria maupun wanita di Amerika Serikat.

Penyakit ini umumnya tidak menunjukkan gejala yang begitu berarti. Akibatnya banyak orang yang gagal mendapatkan diagnosis sejak dini sehingga sel kanker terlanjur menyebar serta terlambat diobati.

Namun umumnya, kanker usus bermula dari kelainan usus besar yang disebut polip usus. Akan tetapi, polip usus tidak bersifat seperti kanker namun memiliki kemungkinan perubahan ke arah kanker seiring dengan berjalannya waktu.

Salah seorang dokter kanker dari Rumah Sakit Siloammenjelaskan, polip ini bisa berukuran kecil dan dalam jumlah banyak serta mungkin menimbulkan gejala apapun. Umumnya, gejala yang ditimbulkan antara lain :

  • Perubahan konsistensi feses, bisa cair atau keras dan berlangsung selama lebih dari 4 minggu.
  • Lemah dan lesu.
  • Anemia defiensi besi akibat kehilangan darah tanpa disadari.
  • Pendarahan saat buang air besar.
  • Nyeri perut.
  • Berat badan yang menurun secara drastis.
  • Saat sudah membesar, ada benjolan di perut yang dapat teraba.

Pada saat kanker usus masih dalam tahap awal, maka kemungkinan besar penderitanya tidak akan merasakan gejala apapun. Sehingga dibutuhkan berbagai pemeriksaan saat terjadi kecurigaan kanker usus.

Pemeriksaan yang bila dilakukan adalah cek darah hingga radiologi, terutama kolonoskopi. Metode koloskopi sendiri merupakan langkah pemeriksaan kondisi usus besar dengan cara memasukkan kamera kecil melalui anus.

Dengan mewaspadai gejala kanker usus, Anda dapat mendeteksi penyakit ini lebih awal. Karena semakin awal terdeteksi, maka semakin mudah pengobatan yang dilakukan serta peluang pasien untuk sembuh pun semakin besar.

Untuk itu, lakukan pemeriksaan dengan dokter onkologi atau dokter kanker di Rumah Sakit Siloam. Untuk pendaftaran serta pernjanjian pemeriksaan dengan dokter kanker rumah sakit kami, silahkah menghubungi 1500181.

Periksakan diri dari sekarang sebelum Anda menyesal di kemudian hari. Karena mencegah jauh lebih baik dibandingkan mengobati!

Leave a comment