Siloam Hospitals – Inilah Penyebab Terjadinya Gagal Jantung

Image result for gagal jantung
Siloam Hospitals 

Siloam Hospitals – Dari sekian banyaknya penyakit yang bisa menyerang jantung, gagal jantung menjadi kondisi yang patut Anda waspadai. Sebab, bila Anda main-main dengan kondisi yang satu ini, maka bisa berujung pada kematian. Gagal jantung sendiri adalah kondisi dimana otot jantung menjadi sangat lemah sehingga jantung tidak bisa memompa cukup darah ke seluruh tubuh. Kondisi ini juga biasa disebut dengan istilah gagal jantung kongestif.

Gejala Gagal Jantung

Sebelum mengetahui penyebab gagal jantung, ada baiknya Anda mengenali dulu gejalanya. Gagal jantung terbagi dalam 2 bagian berdasarkan waktu perkembangan gejalanya. Pertama gagal jantung kronis, gejalanya akan berkembang secara bertahap dan lama.

Kedua, gagal jantung akut,gejalanya berkembang sangat cepat. Berikut ini adalah gejala utama dari gagal jantung, beberapa diantaranya:

– Tubuh merasa lelah sepanjang waktu,

– Adanya pembengkakan pada kaki dan pergelangan kaki.

– Sesak napas, baik saat beraktivitas maupun beristirahat.

Penyebab Gagal Jantung

Gagal jantung menjadi keluhan medis umum yang bisa menyerang siapa saja dan pastinya harus ditangani dengan serius. Hal ini dikarenakan masalah jantung yang tidak bisa disembuhkan, namun bisa dikelola dengan mengurangi faktor risikonya. Untuk itu, di bawah ini adalah beberapa masalah kesehatan atau penyebab gagal jantung, yaitu:

– Kerusakan pada katup jantung.

– Penyakit jantung koroner.

– Gangguan pada otot jantung,

– Gangguan ritme jantung (aritma).

– Diabetes

– Tekanan darah tinggi.

– Anemia.

– Radang otot jantung.

– Kondisi kelenjar tiroid yang terlalu aktif.

– Cacat jantung sejak lahir.

Selain beberapa penyakit jantung diatas, kelelahan juga bisa memicu gagal jantung. Kelelahan sendiri merupakan kondisi dimana tubuh kekurangan energi akibat kerja yang berlebihan, kurang tidur, khawatir, hingga olahraga yang terlalu keras. Kondisi ini juga bisa semakin parah bila tidak diikuti dengan pola tidur dan makan yang baik. Terlebih, bila ditambah gaya hidup yang tidak sehat seperti suka begadang, merokok, konsumsi alkohol hingga terlalu banyak mengasup kafein. Alasannya, hal-hal tersebut akan semakin memperberat kerja jantung. Ketika tubuh mengalami kelelahan, maka tubuh akan bernapas lebih cepat dan dalam untuk memasok oksigen lebih banyak.

Kondisi ini pastinya akan memengaruhi kerja jantung jadi semakin berat. Jantung yang ekstra bekerja ini bisa menyebabkan terjadinya kram otot dan kram jantung yang ujung-ujungnya bisa membuat seseorang mengalami gagal jantung.

Bila Anda memiliki keluhan terhadap kesehatan jantung. Jangan tunda untuk konsultasikan dengan spesialis doker jantung di Siloam Hospitals guna mendapatkan penanganan yang tepat.

Leave a comment