Harga HPL Laminate – Finishing Menggunakan HPL Laminate

Permintaan pasar untuk furniture rumah tangga dengan kayu asli meningkat, namun pasokan bahan bakunya berkurang. Hal inilah yang membuat para pengerajin furniture memilih menggunakan HPL Laminate sebagai  material finishingnya, serta karena harganya yang lebih terjangkau dibandingan dengan material finishing lainnya. HPL Laminate saat ini mudah ditemukan pada interior rumah, yakni sebagai pelapis permukaan mebel dan furniture rumah tangga. Tidak hanya bisa digunakan untuk mempercantik tampilan interior rumah saja, tapi juga untuk interior kapal. Sama halnya seperti penggunaannya pada interior rumah, HPL Laminate juga digunakan sebagai pelapis permukaan kabinet, meja, kitchen set dan dekorasi interior.

2.jpg

Akhir-akhir ini pengunaan HPL Laminate sangat familiar. Bahannya yang ramah lingkungan serta motif dan corak seperti kayu asli membuat para pengerajin furniture memutuskan untuk menggunakan material ini guna memenuhi permintaan konsumen. Ada beberapa corak yang bisa ditemukan pada material ini, diantaranya corak kayu jati, mahony, sungkai dan megateak. HPL Laminate terbuat dari material resin, phenolin, decorative paper dan juga craft paper yang dipress dengan menggunakan tekanan tinggi. Namun, walaupun di tekan dan semua bahannya menjadi satu, material ini sifatnya fleksibel sehingga tetap bisa mengikuti permukaan furniture, sekalipun sisinya melengkung.

HPL Laminate juga bersifat anti gores dan waterproof sehingga untuk perawatannya tidak memerlukan biaya yang mahal. Hal ini dikarenakan material plastik kertas PVC dengan permukaannya yang bertekstur dan juga lebih kuat jika dibandingkan dengan material sheet biasa. Lalu dalam hal pengerjaannya pun lebih mudah, bersih dan juga cepat karena hanya perlu menempelkan HPL Laminate pada permuakan multipleks yang digunakan sebagai bahan utama furniture. Ada beberapa kelebihan yang pelu Anda ketahui tentang HPL Laminate. Apa saja? Simak penjelasan berikut ini.

  • Proses yang cepat, pengerjaan yang bersih dan praktis.
  • Harga lebih rendah dibandingkan material finishing lainnya.
  • Tidak memerlukan tukang khusus dalam mengerjakannya.
  • Biaya perawatan yang lebih murah karena cukup menggunakan air dan kain lap.
  • Warna, motif dan corak furniture akan seragam dan tidak akan beresiko belang seperti ketika menggunakan cat duco.
  • Furniture dengan konsep modern minimalis cocok untuk menggunakan HPL.
  • Mempunyai variasi warna, corak dan motif, mulai dari motif kayu sampai dengan motif marmer dan granit serta warna solid dan metalik.
  • Memiliki daya tahan yang lebih baik terhadap panas, air dan goresan.

Setelah mengetahui kelebihan-kelebihan ini, tentunya Anda sudah yakin untuk menggunakan material finishing yang satu ini. Selain perawatannya yang mudah, pengaplikasian HPL Laminate pada furniture rumah tangga Anda juga tidak terlalui sulit. Ada beberapa langkah yang harus dilakukan, yakni:

  • Siapkan media yang akan difinishing menggunkan HPL Laminate. Kemudian bersihkan media tersebut dengan cara mengampelasnya sampai rata lalu bersihkan debunya. Hal ini perlu dilakukan jika media tersebut adalah plywood, MDF, particle board dan blockboard.
  • Siapkan juga HPL Laminate yang akan digunakan kemudian potong sesuai dengan ukuran yang di inginkan dan lebihi sekitar 0,5 cm sampai dengan 1 cm. Memotong HPL Laminate bisa digunakan dengan menggunakan pisau kater atau menggunakan pisau khusus yang dijual di toko material.
  • Sediakan lem kuning atau lem khusus untuk kayu. Kemudian oleskan pada kedua sisi, yakni sisi belakang dari HPL Laminate dan juga sisi dari materal kayu yang digunakan untuk furnoture rumah tangga Anda. Diamkan selama 5 sampai 10 menit dan pastikan sudah mulai mengering. Setelahnya, Anda bisa menempelkan HPL Laminate pada permukaan furniture dari sudut atas sampai dengan bawah dan ratakan. Usahakan agar tidak menggelembung atau terdapat udara di dalamnya.
  • Langkah selanjutnya adalah memotong sudut HPL Laminate yang sudah dipasanglan dengan, menggunakan benda tumpul, seperti menggunakan kikir, penggaris siku atau mata pisau ketam.
  • Rapihkan setiap sambungan dengan menggunakan amplas dan olesakan cat sesuai dengan warna HPL Laminate yang Anda unakan. Bersihkan juga sisa lem yang menempel dengan menggunakan bensin atau tiner cat.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda. Pilih HPL Laminate dari Taco sebagai material finishing furniture Anda. Harga HPL Laminate bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan juga ketebalan dari material finishing ini, mulai dari 0,5 mm sampai dengan 2 mm.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s