Harga HPL Laminate – Menghemat Pengeluaran Dengan Menggunakan HPL dalam Finishing Interior

High Pressure Laminate atau HPL adalah laminasi dengan tekanan tinggi dan merupakan salah satu bahan finishing umum yang digunakan untuk membuat mebel dan permukaan interior. Menggunakan HPL untuk interior bekerja lebih baik sebagai penutup permukaan untuk kabinet, meja, kitchen set dan dekorasi interior. Meningkatnya harga dan juga kurangnya pasokan kayu yang asli berjalan seiringan dengan meningkatnya permintaan dari bahan yang ramah lingkungan menjadikan HPL laminate dipilih sebagai salah satu finishing interior yang paling populer.

8.jpg

HPL Laminated sering kali digunakan sebagai lapisan akhir atau finishing beragam furniture berbahan dasar plastik yang tipis dan belakangan ini lebih dikenal dan juga menarik perhatian dunia furniture tertutama untuk furniture berbahan dasar multiplek yang biasanya digunakan sebagai pelapis terluar dengan triplek bercorak kayu jati, sungkai, mahoni dan nyatoh. Keberadaan HPL Laminated saat ini secara perlahan dan juga pasti membuat penggunaan multipleks dengan corak kayu ditinggalkan karena harganya yang lebih murah dan terjangkau.

Perubahan perawatan ini masih memerlukan treatment melamic atau duco yang mana jika dilihat dari segi harga dan waktu, sangat jauh perbedaannya. HPL laminated lebih praktis, cepat dan juga murah, maka dari itu banyak dampak yang ditimbulkan dari kehadiran produk ini salah satunya adalah menurunnya omset penjualan bahan finishing.

Berdasarkan penjelasan diatas, banyak pertanyaan yang muncul menanyakan tentang apa kelebihan HPL laminated secara objektif?

HPL laminated memiliki beragam corak dan warna permukaan yang dapat Anda pilih dan gunakan sesuai dengan kebutuhan dan keinginan. Dan dari berbagai ragam tersebut corak dan warna kayu alami adalah yang mendominasi walaupun ada pula warna dan corak metalik. Kelebihan lainnya yang membuat harga dari HPL laminate lebih terjangkau dibandingkan penggunaan material kayu asli adalah lebih tahan gores dan juga anti air. Walaupun tidak 100% anti gores, namun material ini memang lebih kuat dibandingkan bahan utamanya yang merupakan plastik kertas PVC dengan permukaan yang bertekstur.

Material ini lebih kuat dibandingkan material sheet yang biasanya digunakan untuk melapsi permukaan furniture murah yang dijual di toko-toko furniture biasa. HPL laminated memiliki kelebihan lainnya yakni pengerjaan yang lebih bersih dibandingkan menggunakan cat duco atau sanding. Mengapa demikian? Karena material ini di lem pada multipleks dan menurut para pengrajin, penggunaan material ini lebih bersih dan juga cepat serta varian produk edging yang mempermudah pengerjaan furniture pada bagian pinggiran furniture yang tipis.

Keunggulan-keunggulan tersebutlah yang menjadikan material finishing furniture yang lebih hemat biaya, karena harga HPL Laminate yang terjangkau serta biaya perawatan yang tak perlu menguras dompet Anda. Furniture yang menggunakan finishing material ini pun tidak memerlukan tukang khusus untuk pengerjaannya, melainkan cukup tukang kayu biasa. Selain itu, warna dan motif furniture Anda akan sama karena tidak berisiko belang-belang seperti menggunakan finishing cat.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s