Tips Memasang Keramik Lantai Kamar Mandi

Kini keramik merupakan bahan yang paling diminati untuk menutup lantai. Tidak hanya ruang tamu saja, tapi di setiap ruangan baik indoor maupun outdoor cocok untuk ditempatkan keramik ini.Khususnya, untuk keramik lantai kamar mandi juga banyak digunakan. Alasannya, selain harga lebih terjangkau dan awet, jenis lantai ini juga memiliki kelebihan yang lain.

Berbeda dengan lantai yang ada di ruangan lain, untuk memasang keramik lantai kamar mandi membutuhkan teknik tersendiri dan berbeda. Pada umumnya orang Indonesia membuat kamar mandi hanya berukuran kecil saja, maka dari itu agar terlihat luas dan lapang maka keramik harus dipasang dengan posisi miring. Berbeda jika kamar mandi tersebut memiliki ukuran yang lebih luas, tentu tidak akan masalah jika dipasang secara berjajar seperti biasanya.

Hal yang paling penting adalah antara lantai yang berada di sisi pinggir satu dengan sisi yang akan digunakan untuk meletakkan lubang saluran air, posisinya harus lebih tinggi dan rendah.

Semakin lebar dan luas ukuran kamar mandi maka perbandingan tinggi dan rendahnya harus dibuat lebih banyak. Tujuannya agar air yang digunakan saat mandi dapat mengalir dengan lancar dan masuk ke lubang pembuangan. Jika tidak mengalir dengan cepat dapat menimbulkan genangan sehingga lumut atau jamur dapat mudah tumbuh.

Bila keadaan memungkinkan sebaiknya lubang untuk membuat air tersebut dipasang pada bagian pinggir di sisi lantai yang lebih rendah. Sehingga keberadaannya tidak mengganggu keindahan dan kesempurnaan tampilan lantai dan ruang. Selain itu, jika diletakan pada bagian pojok, pemasangan lantai jadi lebih mudah karena ukuran tinggi rendah seperti uraian sebelumnya.

Lebih bagus ketika membeli lubang untuk pembuangan air yang bentuknya kotak. Hal ini tentu memudahkan pengerjaan pemotongan ubin yang di pasang pada bagian lubang tersebut dengan menggunakan mesin pemotong.

Berbeda dengan lubang pembuangan berbentuk lingkaran, pemotongan ubin harus dilakukan secara manual. Jika tidak teliti, hasil pemotongan jadi kurang rapi dan tidak bagus.

Agar ukuran kemiringan tetap terjaga, setiap selesai memasang satu baris ubin lakukan pengecekan. Hal yang sama harus dilakukan apabila kamar mandi dilengkapi dengan bak untuk menampung air. Demikian untuk lubang kecil untuk membuang air ketika bak dibersihkan harus dipasang pada bagian pojok dan posisinya tepat berada di bawah ubin.

Keramik lantai kamar mandi biasanya terdiri dari dua jenis yaitu keramik untuk menutup dinding bawah dan lantai. Bagian dinding menggunakan keramik yang lebih halus.

Sedangkan untuk lantai, permukaannya dibuat agak kasar agar pengguna tidak mudah terpeleset karena lantai sering terkena air, jadi kondisi lantai selalu dalam keadaan basah. Tambahan agar tampilan kamar mandi terlihat selaras, sebaiknya ketika memilih dua jenis ubin ini memiliki motif dan desain dengan permukaan sama.

Hal terakhir yang tidak boleh dilupakan, jika kamar mandi dilengkapi dengan shower, harus dipasang terlebih dahulu pipa salurannya sebelum dinding dan lantai di tutup keramik. Jadi bila pemasangan keramik sudah selesai tinggal memasang bagian ujungnya saja.

Demikian merupakan tips yang bisa Anda praktekan untuk memasang keramik lantai kamar mandi dengan benar dan tepat. Jika Anda ingin memiliki kualitas lantai terbaik ada series granite tile dari Indogress.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s