Kenali Jenis Granit Alam Sesuai Fungsinya!

Seperti telah kita ketahui jika lantai granit alam memang sangat diminati baik dari sisi design hingga kekuatannya. Yap, granit memiliki kekuatan terhadap beban berat, tahan terhadap gesekan dan benturan serta memiliki daya serap air yang rendah sehingga mengkilap lebih lama.

Namun, jika Anda ingin membeli dan memilih lantai granit di Indogress saja karena sudah terjamin kualitasnya.

Nah untuk memasang granit sebaiknya tempatkan di area yang memiliki beban sangat berat. Beban disini termasuk artian tingkat resiko permukaan lantai yang lebih sering diinjak seperti area teras rumah, koridor, lobby dan anak tangga.

Selain itu tempatkan juga ke area yang sering terkena cairan dan kotoran, misalkan lantai dapur, kitchen top table, vanity top, kamar mandi dan pantry. Anda harus mengetahui macam permukaan lantai sesuai fungsinya agar tidak keliru saat memilih lantai granit untuk hunian Anda.

Ingat, pemasangan lantai granit tidak disarankan untuk dikombinasikan dengan lantai marmer, alasannya karena marmer memiliki karakter yang berbeda dengan granit. Tingkat kekerasan lantai marmer lebih lunak dibandingkan granit, tentu hal ini dapat menyulitkan saat proses perawatan.

Tapi, jika Anda ingin mengetahui lebih banyak tentang permukaan lantai granit, mari disimak penjelasannya berikut ini :

1. Lantai Granit Flamming

Jenis granit ini dikenal sebagai granit bakar, di proses untuk menghasilkan tekstur permukaan yang kasar. Selain memberikan nilai estetika pada lantai, tujuannya sebagai keamanan penghuni agar ketika lantai granit basah tidak mudah licin saat diinjak.

Proses flamming dilakukan dengan mesin, tentu saja permukaan granit dibakar dengan tekanan tertentu dan bersamaan di dinginkan dengan air sehingga permukaan tidak rusak dan pecah.

2. Lantai Granit Sandblasting

Lantai granit jenis ini di proses sandblasting yang dapat menghasilakn tekstur permukaan lantai granit kasar, hanya saja proses ini menghasilkan permukaan lebih halus dibanding dengan proses flamming.

3. Lantai Granit Polishing

Lantai granit ini di proses mesin dengan beberapa tahapan proses yang cukup rumit. Dengan susunan stone abrasive yagn memiliki grade kehalisan dari tingkat paling kasar hingga halus.

Porses tersebut menghasilkan permukaan lantai granit yang mengkilap. Tingkat kilapan permukaan tentu dipengaruhi oleh 2 faktor yaitu glossy meter, karena granit adalah material yang sumbernya dari alam jadi tidak ada standar khusus untuk dicapai. Namun secara umum tingkat kekilapan granit berkisar antara skala 50-100.

4. Lantai Granit Leather Finished

Leather finis merupakan proses permukaan lantai granit yang menggunakan teknik tertentu, untuk menghasilkan tekstur permukaan yang mirip dengan tekstur kulit. Prosesnya sama seperti proses polishing, yang membedakan adalah jenis abrasive yang digunakan.

Jadi, itu dia perbedaan beberapa jenis permukaan untuk lantai granit dari Indogress, semoga bermanfaat.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s