Ikuti Cara Membersihkan Lantai Granit Yang Tepat Berikut Ini!

Banyak dari masyarakat kini yang sudah menggunakan lantai granit untuk hunian rumah mereka. Pastinya untuk Anda yang membaca sekarang ini juga menggunakannya.

Yap, semua orang ingin memiliki rumah yang tampak elegan dan berkelas serta enak dipandang oleh orang lain. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan lantai granit dengan motif-motifnya.

Tampilan ubin dari granit seperti yang ada di kamar mandi ataupun dapur meninggalkan kesan yang hangat dan memiliki gaya yang khas.

Tapi, sebelum melihat lantai Anda yang terlihat elegan ada baiknya untuk mengetahui cara membersihkannya dengan benar. Bagiamana caranya? Berikut ini caranya :

1. Air Yang Digunakan

Untuk membersihkan lantai granit bukan menggunakan air dingin, melainkan air hangat. Selain itu, sediakan kain yang lembut dan bersih serta kering.

Sebisa mungkin untuk tidak menggunakan air keran dari ledeng, namun menggunakan air sumur yang bebas dari mineral atau klorin.

2. Waktu Membersihkan Lantai

Ada baiknya untuk tetap menjaga lantai tidak mudah rusak, Anda harus membersihkannya setidaknya setiap hari. Ini adalah cara terbaik untuk menghindari noda yang bisa saja menempel dengan kuat apabila tidak segera dibersihkan.

3. Bahan Untuk Membersihkan Lantai

Gunakan bahan-bahan yang tidak menyebabkan abrasi untuk membersihkan bagian yang terkena noda. Disarankan untuk gunakan kain basah atau paper towel.

Spons abrasif tidak dianjurkan karena dapat meninggalkan goresan samar yang dapat merusak granit. Begitu juga noda makanan yang jatuh ke lantai sebaiknya langsung dibersihkan.

4. Manfaatkan Soda Kue

Untuk noda yang sulit untuk dibersihkan, Anda bisa menggunakan soda kue yang dicampurkan dengan air untuk menjadi pasta.

Noda berat atau noda kering yang sulit dibersihkan perlu ditangani secara khusus. Setelah Anda siapkan pasta soda kue, tutupi noda tersebut dengan pasta yang sudah dibuat lalu biarkan semalaman sebelum dibersihkan esok paginya.

Bila Anda menemukan noda yang sulit dibersihkan, tutupi dengan pasta soda kue selama beberapa hari sebelum kemudian dibersihkan dengan cara yang sama.

5. Perhatikan Warna Granit

Jika Anda memiliki warna granit yang gelap, Anda bisa memanfaatkan hidrogen peroksida untuk membersihkan noda. Namun jika lantai granit berwarna terang, sebaiknya gnakan aseton.

6. Lindungi Lantai Granit Dengan Polish Granit

Anda bisa menggunakan polish granit atau pemoles batu di toko-toko batu terutama yang menjual batu granit atau toko bangunan. Sebelum meggunakannya, pastikan Anda membaca labelnya karena ini merupakan produk khusus untuk granit dan biasanya aman apabila digunakan di permukaan batu tersebut.

Poles granit yang alami bisa Anda buat sendiri dari campuran baking soda dengan air. Caranya, siapkan seperempat cangkir baking soda lalu tambahkan 3 gelas air kemudian aduk hingga mengental.

Nah, sebelum menggunakan pembersih, pastikan Anda membaca labelnya terlebih dahulu agar aman. Karena beberapa pembersih tidak cocok digunakan untuk batu granit.

Cara membersihkan lantai granit yang tidak boleh dilupakan adalah pastikan jika apakah granit yang Anda miliki asli atau sintetis saja. Mengapa?

Jika batu tersebut asli, biasanya akan ada pola acal yang terlihat, sedangkan sintetis menampilkan pola halus walaupun tidak terlalu tampak namun dapat terlihat. Disarankan, jangan meletakkan panci atau benda panas di atas lantai granit untuk menjaganya tetap awet.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s