Hamil Tua? Ini Dia Tips Mengatasi Sulitnya Tidur!

Kehamilan merupakan salah satu masa yang paling membahagiakan, meski begitu tak sedikit gangguan yang dialami. Salah satunya seperti sulit tidur, terutama saat hamil tua.

Banyak para ibu hamil yang mengeluh saat hamil tua, seperti tidak nyaman karena perut membesar, kram pada kaki, hidung tersumbat, rasa panas di bagian dada, dan seringnya buang air kecil pada malam hari. Dan terlebih lagi tidak menggunakan kasur kesehatan sehingga sulit untuk tidur.

Sulitnya tidur memang pastinya akan dialami oleh para ibu hamil di usia tua. Nah untuk mengatasi hal-hal tersebut berikut ini merupakan tipsnya:

Look your position!

Cara seorang ibu hamil saat hamil tua sangatlah penting. Disarankan untuk ibu hamil untuk tidur miring dengan menekuk lutut.

Sesuai dengan posisi sehingga Anda benar-benar nyaman. Bila ibu yang sedang hamil tua mengalami rasa panas bagian dada, tidur dengan posisi setengah duduk dan punggung bersandar pada tumpukan bantal.

pregnancy-wedge-pillow-4

Pertahankan Rutinitas Waktu Tidur

Jangan ubah waktu tidur pada waktu Anda sedang hamil tua. Jika merasa membutuhkan lebih banyak tidur, sebaiknya lakukan pada siang hari.

Cukupi Asupan Nutrisi

Makanan sehat untuk ibu hamil diperoleh dari beragam zat gizi. Makanan tinggi protein dapat mencegah mimpi buruk, sementara makanan tinggi karbohidrat dapat membantu Anda untuk tidur lebih nyenyak.

Disarankan sebelum tidur lengkapi dengan segelas susu hangat untuk ibu hamil.

71lrsbrodll-_sl1500_

Gunakan Bantal Tambahan

Bantal sangat berguna untuk memberikan kenyamanan tidur saat hamil tua. Selain dapat menyangga tubuh saat posisi bersandar, Anda dapat memanfaatkan bantal untuk menahan bagian perut atau tempatkan di antara kaki saat berbaring satu sisi.

Praktikan Teknik Relaksasi

Dengan teknik relaksasi, Anda dapat membuat pikiran dan otot tubuh ibu hamil lebih santai. Lakukan teknik peregangan, pemijatan, pernapasan atau yoga dan disertai dengan mandi air hangat sebelum tidur.

Move your body mom!

Bergerak secara aktif pada ibu hamil dapat membantu mengurangi kram pada kaki, mengurangi stres, mencegah kelebihan berat badan, dan menambah energi. Tapi sesuaikan dengan kemampuan ya saat melakukannya.

Cukup mudah kok mom mensiasati cara agar dapat tidur dengan nyenyak meskipun saat hamil tua. Selain tidur di malam hari, tidur siang dapat membantu memenuhi kebutuhan tersebut.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s