Ketahui Penyebab Gangguan Tidur Pada Masa Kehamilan

Ketika anda memasuki masa kehamilan, maka perubahan akan terjadi pada Anda yang memang membutuhkan penyesuaian. Hmm, mengingat beberapa hal dimulai dari perubahan hormon semasa kehamilan dapat membuat Anda mengalami beberapa gangguan.

Anda pernah merasakannya semasa hamil? Tentu saja hal ini terjadi.

Apalagi gangguan-gangguan yang umum terjadi seperti masalah mual dan muntah (morning sickness), pegal, dan gangguan tidur. Gangguan tidur dapat meningkat bila usia kandungan memasuki trisemester akhir, dan tidak menggunakan spring bed yang tepat.

Nah, apa saja yang menjadi penyebab gangguan saat tidur di masa kehamilan? Mari disimak dan cara mengatasinya:

Posisi!

sleeping-with-a-baby-bump-best-positions-while-pregnancy-4

Penyebab gangguan ini adalah posisi tidur yang Anda gunakan saat hamil.

Semakin besar usia kandungan, maka Anda akan sulit menentukan kenyamanan saat tidur. Jadi, bagi Anda yang memasuki kehamilan trimester ketiga posisi tidur miring ke sebelah kiri sangat dianjurkan.

Posisi miring dapat memudahkan aliran darah lebih lancar ke plasenta. Meskipun demikian, Anda dapat melakukan posisi tidur miring ke sebelah kanan sesuai kenyamanan pada perut Anda.

Kram Kaki

bigstock-pregnant-asian-woman-at-home-w-51433327

Anda akan mengalami kram kaki kapanpun dan tidak menutup kemungkinan pada malam hari, sehingga mengganggu waktu tidur Anda.

Kram kaki dapat terjadi karena kelelahan yang dialami otot di daerah kaki akibat berat badan yang bertambah selama kehamilan. Selain itu juga dikareakan aliran darah dari kaki semakin membesar.

Bila Anda mengalami kram saat tidur, maka Anda dapat mencoba melakukan pijat kaki atau merendam kaki dengan air hangat.

Sistem Pencernaan

dfssd

Kehamilan dapat membuat sistem pencernaan Anda terhambat sehingga kemampuan tubuh untuk menyerap nutrisi akan ikut menurun.

Di beberapa kasus ditemukan ibu hamil yang tidak dapat memenuhi kecukupan serat dan cairan di dalam tubuhnya rentan terkena sembelit. Apalagi saat Anda memasuki trimester terakhir dimana pertumbuhan bayi yang semakin membesar dapat menyebabkan tekanan pada usus ibu hamil

Terbangun Karena Ingin Buang Air Kecil

Bangun di tengah malam untuk buang air kecil dapat menjadi kebiasaan Anda saat kehamilan.

Dengan pertumbuhan bayi yang semakin besar akan menakan kandungan kemih sehingga membuat Anda memiliki kebiasaan buang air kecil selama kehamilan. Jadi sebaiknya pastikan Anda selalu buang air kecil sebelum tidur.

Mimpi Buruk Selama Kehamilan

what-do-pregnant-women-dream-about-31

Gangguan tidur yang dapat terjadi adalah mimpi buruk selama kehamilan sehingga Anda terbangun di malam hari.

Bila Anda kurang mengelola stres dengan baik, akibatnya Anda dapat terjaga hingga larut pagi atau sulit tidur dengan kualitas yang kurang baik. Sebaiknya jika Anda sudah memasuki usia kehamilan yang semakin tua, buat diri Anda rileks dan mendapatkan istirahat yang cukup di siang hari.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s