Yuk Ketahui Jenis Tidur Yang Perlu Anda Ketahui

Sleep is the most important part of recovery..

Tidur merupakan kegiatan yang penting dan perlu bagi sebagian umat manusia. Tapi tahukah Anda, lingkungan kamar juga penting untuk diperhatikan agar dapat menciptakan suasana nyaman saat tidur.

Seperti pemilihan spring bed untuk tidur juga penting diperhatikan. Jangan sampai Anda salah memilih spring bed dan malah berakibat membuat tidur menjadi kurang nyaman.

Selain dari pemilihan spring bed yang tepat, ada hal lain yang perlu Anda ketahui. Yaitu jenis tidur. Why? Karena nyatanya ada beberapa jenis tidur yang perlu Anda ketahui. Seperti apa? Berikut ini jenisnya.

Tidur Tenang atau Non-REM

Jenis tidur ini merupakan yang nyaman dan dalam. Saat tidur, jenis tidur NREM ini gelombang otak lebih lambat dibandingkan saat sadar atau tidak tidur.

Saat tidur tenang atau NREM, tubuh seseorang mengalami kegiatan yang tenang. Denyut nadi, pernapasan dan tekanan darah tubuh akan bergerak lebih tenang dan teratur. Ini merupakan proses di mana tubuh dipulihkan.

Perlu Anda ketahui, saat keadaan tidur tenang atau NREM, seseorang akan mengalami 4 tahap. Apa tahapannya? Berikut ini tahapannya :

Tahap Pertama
Tahap ini merupakan transisi di mana seseorang beralih dari sadar menjadi tidur.
Dan di tahap pertama ini ditandai dengan seseorang merasa kabur dan rileks seluruh otot menjadi lemas, kelopak mata menutup, kedua bola mata bergerak ke kiri dan ke kanan, kecepatan jantung dan pernapasan menurun secara jelas.

Tahap Kedua
Ini adalah tahap tidur ringan dan proses tubuh yang terus menurun. Di tahap ini ditandai dengan kedua bola mata berhenti bergerak, suhu tubuh menurun, serta kecepatan jantung dan pernapasan turun dengan jelas.
Tahap kedua ini berlangsung sekitar 10-15 menit lamanya.

Tahap Ketiga
Di tahap ini, keadaan fisik sudah mulai lemah lunglai karena tonus otot lenyap secara menyeluruh.
Kemudian kecepatan jantung, pernapasan, dan proses tubuh berlanjut mengalami penurunan akibat dominasi sistem saraf parasmpatis.

Tahap Keempat
Tahap ini merupakan tahap tidur paling pulas. Di tahap ini, otak memproduksi gelombang besar, sebagian besar darah dialirkan ke otot, terjadi pemulihan dan perbaikan fungsi tubuh.

Tidur Aktif / REM

Setiap siklus tidur tenang atau NREM akan diakhiri dengan tidur aktif atau REM.

Tidur aktif ini adalah kebalikan dari tidur tenang denyut nadi, pernapasan, tekanan darah dan aktivitas lainnya termasuk lebih aktif, cepat dan tidak beraturan. Anda dapat melihat seseorang yang mengalami periode saat melihat tonjolan mata bergerak ke kiri dan ke kanan pada tidur REM.

Tidur REM ini merupakan tidur dalam kondisi aktif atau tidur pardoksial. Seperti yang sudah dijelaska, tidur REM ini sifatnya nyenyak sekali namun hanya fisik seperti menggerakkan bola mata yang cukup aktif.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s